Senin, 12 Desember 2011

kangen batam stadium 4

saya akan menceritakan tentang batam lagi, teman. bukan sesuatu yang luar biasa memang, hanya soal keremehan-keremehan yang saya rindukan.

1. angkot
angkot di surabaya

angkot di batam

angkot-angkot di surabaya, mereka semua normal. sedangkan angkot batam, they're extraordinary :p ga hanya bodi yang dimodifikasi, tapi 90% angkot ato biasa di batam disebut keri, dilengkapi dengan tv dan sound system yang berhasil membuat jantung para penumpangnya cenat-cenut dengan suara yang cukup memekakkan telinga. last but not least, klaksonnya sob! mulai dari bunyi tenonenonenonet sepanjang 3 oktaf sampe klakson suara kuda bisa ditemukan di keri-keri batam.

2. bahasa
"awak ni epeleh ye ken.." (kalimat merendah di batam ke sesama teman)
"mak mak, mantap kali wak!" (kali itu artinya sama dengan banget)
"geser sikit lah." (sikit maksudnya sedikit)
"eh barusan aku jumpa si amal di kantin." (jumpa = ketemu)
"cukup tau ajalah, awak demi kawan, kawan demikian ye ken." (awak pengganti kata aku, temen lebih sering disebut kawan)
"pinjem pena lah!" (di surabaya, mengucapkan pena dianggap aneh, karena yang sering digunakan adalah bolpoin)
"ga usah belebeh ko geng!" (belebeh = berlebihan = lebay, ko = kamu)
"dah siap pr kimia ko?" (siap disini maksudnya selesai)
"nyampok aja kerja ko." (nyampok maksudnya ikut campur urusan orang lain, kerja disini juga maksudnya kebiasaan)
"(maaf) PANTEK!!!" (bahasa misuhnya batam, ya semacam (maaf) JANCUK kalo di surabaya)

diatas adalah contoh-contoh kalimat yang apabila saya ucapkan di surabaya, para komunikan akan terbengong-bengong dan membentuk persepsi yang salah akibat mereka memiliki frame of reference dan field of experience yang berbeda dengan saya *eaaaa, sekalian belajar pengantar ilmu komunikasi bro* *anak komunikasi unair ga sombong* *kibas jilbab*

3. orang cina yang berbahasa cina


di batam, orang-orang cina atau oriental, akan berbahasa cina dengan lancar. apalagi di bcs, beh, wo ai ni cibai bolui ho shiang ho shiang lah yang akan terdengar di berbagai penjuru. sedangkan di surabaya, sejauh ini orang-orang cina yang saya temui, semuanya medok puooollll. hahaha thats why, jangan heran kalo anak-anak batam yang merantau ke jawa bakal ketawa atau senyum-senyum sendiri ngeliat cina medok :D

yeaaaaah those things make me miss batam A LOT!!! ga sabar pengen balik ke kampung halaman, menikmati segarnya teh obeng dan teriknya matahari di pantai. fyi, aku ama ujeng udah beli tiket ke batam buat tgl 19 januari ntar, doain semoga ga ada halangan ya *baca: matkul ato KRS bermasalah*, amin :)


ttd,




amal (yang masih) ganteng

7 komentar:

  1. hahaha sumpah ya keren kali wak keri batam. angkot surabaya lewat lah hahaha. awak bilang pena disini (re:surabaya) diketawain wak -_- ga sabar balik ke batam. kek mana ya batam skrg ? eaaaa.

    BalasHapus
  2. hahahahah
    teh obeng nya mal

    BalasHapus
  3. HALO aku ni anak batam yang lagi kuliah di surabaya
    ko anak batam jugaya. salam kenal aja yaa ahir ahir ini aku kangen sama batam lagi kangen brosing ehh ketemu postingan ko. klao lihat angkot batam ingat JONO ( jodoh - nongsa )

    BalasHapus
  4. aq supir abgkot batam bro......
    makasi bro

    BalasHapus